Home / Hiburan / Membuat Bubur Praktis ala Rumahan

Membuat Bubur Praktis ala Rumahan

Tidak ada menu sarapan yang lebih klasik daripada bubur. Bagaimana pun, menu yang sangat sederhana ini disukai banyak orang, utamanya anak-anak dan setiap orang memiliki resepnya sendiri, termasuk cara menikmatinya.

Anda pun bisa membuat bubur sesuai selera. Membuatnya pun cukup mudah dengan bahan-bahan sederhan

a. Mengutip wikihow, berikut cara membuat bubur praktis di rumah:

Bahan – bahan: 

4 cangkir nasi
8 cangkir air atau kaldu/air daging (untuk bubur kental; tambah air jika Anda ingin bubur lebih encer)

2bh telur
Daging Ayam yang dipotong secukupnya
Kerupuk secukupnya
Kecap secukupnya

Cara membuat: 
Resep ini juga dapat dibuat dengan beras mentah, meski akan memerlukan waktu lebih lama. Anda hanya perlu memastikan panci yang digunakan cukup besar untuk menampung banyak air. Selain beras, Anda juga dapat membuat bubur dengan menggunakan rice cooker atau microwave.

Setelah itu, tmbahkan air atau kaldu (air daging) ke dalam panci sampai ±2,5cm lebih tinggi dari permukaan nasi. Anda perlu air dua kali lebih banyak; cukup untuk menutup beras. Jika beras masih mentah, akan memerlukan air kira-kira 4 kali lebih banyak. Selama proses, beras tersebut akan mengembang dan menyerap air.
Jika Anda menginginkan bubur dengan rasa lebih gurih dan kaya rasa, kaldu merupakan pilihan yang bagus, tetapi nyaris tidak penting.

Rebus nasi dan didihkan secara perlahan-lahan selama 10 menit. Aduk terus sehingga butiran nasi hancur dan membuat teksturnya lebih lembut. Segera setelah bubur mendidih, kecilkan api dan biarkan tetap panas.

Pastikan untuk memecahkan telur dengan garpu, jika tidak mungkin akan berakhir dengan mengapungnya serpihan kuning telur di sekeliling bubur. Dalam resep bubur beras tradisional, telur dicampur langsung ke dalam bubur, untuk memperkaya cita rasa bubur selain teksturnya.

Aduklah terus sampai bubur mengental dan lembut. Karena kaldu atau air akan menghancurkan butiran nasi, secara perlahan bubur akan mulai mengental dan membentuk satu massa. Butiran nasi akan menjadi lembut dan air akan tampak mengental. Jika Anda melihatnya demikian, berarti Anda telah memasak dengan benar.

Tambahkan kecap atau bumbu/rempah-rempah yang lain sesuai selera Anda. Bubur praktis ala rumahan pun siap disantap.

 

 

About asiagol